Jumat, Juni 1

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan


Seperti dijelaskan di artikel terdahulu “Pengertian dan Asal Usul Yoga”, yoga bertujuan untuk menyatukan pikiran, tubuh dan jiwa. Sehingga secara gamblang manfaat yoga akibat bersatunya hal di atas adalah tubuh yang harmonis serta mampu menyembuhkan dirinya sendiri. Yoga di sini bisa bermanfaat sebagai teknik pengobatan alternatif.


Dengan latihan rutin yang benar dan lingkungan yang mendukung, yoga bisa menjadikan tubuh lebih fleksibel dan membantu menjaga ketenangan walaupun di lingkungan yang penuh tekanan (stress). Jika dirangkum menjadi satu kalimat, manfaat yoga bagi praktisinya adalah menjadikan tubuh menjadi lebih fit, energik, lebih bahagia dan damai.

Manfaat Yoga

*      Meningkatkan fleksibilitas : Berbagai jenis gerakan atau pose yoga akan membuat semua sendi di seluruh tubuh anda bekerja. Jadi tidak ada lagi bagian tubuh yang kaku.
*      ‘Mengurut’ semua organ tubuh : Bisa dikatakan bahwasanya hanya yoga, aktifitas olahraga yang mampu ‘mengurut’ seluruh kelenjar dan organ-organ dalam, termasuk yang tidak mungkin di-stimulir dari luar seperti prostat misalnya. Gerakan yoga bekerja di berbagai bagian tubuh. Proses stimulasi ini akhirnya bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh dan mendeteksi gejala awal penyakit atau gejala ketidak-beresan di tubuh.
*      Detoksifikasi : Latihan yoga seperti peregangan otot dan persendian serta ‘mengurut’ berbagai organ dalam, bisa memastikan suplai darah yang optimal ke seluruh bagian tubuh. Tentu saja proses ini membantu membuang racun (detoks) yang ada di tubuh sekaligus membawa bahan makanan ke seluruh bagian tubuh. Sebagai kelanjutannya, manfaat yang tampak adalah penundaan penuaan serta semangat dan energi yang lebih kentara.
*      Membentuk otot : Otot-otot yang kendur akan distimulasi secara rutin melalui latihan teratur, sehingga otot dibentuk menjadi kencang, tetapi bukan menjadikan otot mengeras.
*      Masih banyak kegunaan dan manfaat yoga lainnya, misalnya peningkatan imunitas, efisiensi sistem pernafasan dan kardiovascular, peningkatan fungsi sekresi, menurunnya denyut jantung, keseimbangan sistem syaraf otonom, penurunan kadar glukosa, kolesterol dan sodium, dan ratusan manfaat lainnya.

Manfaat di atas belumlah seberapa bila digabungkan dengan manfaat harmonisasi antara pikiran dan tubuh. Dengan pikiran yang teguh dan kuat, apapun bisa diselesaikan, itu bukan rahasia lagi kan? Pikiran bisa memerintahkan tubuh untuk bekerja lebih dari batas normalnya.

Seringkali kita tidak mampu menyelesaikan aktifitas dengan baik dikarenakan stress misalnya. Konflik di pikiran bisa membebani dan merumitkan pekerjaan yang ringan sekalipun.

Pada prakteknya saat latihan yoga, instruktur yoga akan selalu mengajarkan teknik meditasi. Praktek meditasi membantu mencapai keseimbangan emosi, karena saat meditasi praktisi akan dikondisikan agar tidak terhubung dengan apa yang terjadi di sekitar. Pada gilirannya ini bisa membentuk ketenangan dan pemikiran positif, serta sangat mempengaruhi kesehatan fisik.

Perbandingan Manfaat Yoga dengan Jenis Senam Lainnya

Manfaat
Yoga
Senam Lainnya
Sistem syaraf
Parasympathetic mendominasi
Sympathetic mendominasi
Bagian otak
Bagian sub-cortical lebih mendominasi
Bagian cortical lebih mendominasi
Pergerakan
Lambat, dinamis dan statis
Cepat dan penuh tenaga
Otot
Normalisasi bentuk otot
Meningkatkan tegangan otot
Cedera
Kecil resiko cedera otot dan urat
Resiko cedera lebih tinggi
Konsumsi kalori
Konsumsi kalori rendah
Konsumsi kalori menengah hingga tinggi
Usaha
Usaha diminimalkan, cenderung mengarah ke relaksasi
Usaha dimaksimalkan
Pernafasan
Menambah tenaga (pernafasan dikendalikan atau se-alami mungkin)
Melelahkan (pernafasan dipacu)
Aktifitas otot terhadap kelompok otot berlawanan
Aktifitas seimbang
Aktifitas tidak seimbang
Orientasi
Orientasi ke proses dan tidak ada sifat kompetisi
Orientasi ke hasil, penuh kompetisi
Kesadaran
Bersifat internal; fokus diarahkan ke nafas dan target yang tiada akhir
Bersifat eksternal; misal fokus agar mampu loncat lebih tinggi, lari lebih kencang, dll
Lain-lain
Pengembangan kesadaran diri yang tanpa batas
Praktisi lebih rentan diserang rasa bosan
*) Sumber : www.abc-of-yoga.com

Gerakan yoga dapat dilakukan relatif lebih cepat untuk memperoleh keringat atau lebih lambat untuk meningkatkan stamina dan memperbaiki bentuk pose atau asana. Jadi tentukan target latihan yoga dan sesuaikan gerakan yoga-nya.

Semoga dengan membaca artikel ini, pembaca bisa menyadari seberapa dahsyatnya manfaat yoga terhadap kesehatan, baik dari segi fisik dan psikis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komen mengenai artikel yang ada atau berikan ide dan pendapat anda.