Senin, Juni 18

Yoga Vs Pilates : Sama ataukah Berbeda?


Sumber: nationalgeographic.com

Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya, mana yang lebih baik apakah Yoga atau Pilates. Atau ada juga yang pingin tahu apakah yoga itu sama dengan pilates, atau berbagai pertanyaan yang mirip. Artikel kali ini akan membahas mengenai Yoga dan Pilates : Sama ataukah Berbeda?


Cuplikan Sejarah Yoga dan Pilates


Seperti telah saya urai di artikel sebelumnya – Pengertian dan Asal-Usul Yoga – yoga sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu (sekitar 3000 SM). Ide dasar dari bentuk senam ini adalah bagaimana energi mengalir dengan bebas ke seluruh bagian tubuh. Oleh karenanya semakin bebas aliran energi ini maka semakin sehat dan enerjik tubuh terasa – inilah manfaat yoga yang bisa diperoleh para praktisinya. Selain dimensi olahraganya, yoga memiliki kelebihan dalam hal meditasi (centering) walaupun anda sedang melakukan gerakan fisik. Semua gerakan, walaupun itu dalam bentuk fisik memiliki tujuan mendasar yaitu konsentrasi dan fokus terhadap apa yang dilakukan. Para praktisi yoga akan merasakan ketenangan setelah melakukan latihan yoga walaupun hanya dalam 1-2 jam latihan saja.

Pilates adalah bentuk senam atau olah tubuh yang relatif baru, mulai diperkenalkan di sekitaran awal abad 20 (sekitaran 1925) yang dikembangkan oleh Joseph Hubertus Pilates (9 Des. 1883 – 9 Oktober 1967) bersama dengan istrinya – Clara Pilates. Perlu diketahui bahwasanya Joseph Pilates juga mempelajari yoga – sebagai salah satu bentuk olahraga yang rutin ia pelajari di samping senam gymnastic dan kung fu - jauh sebelum memperkenalkan gerakan yang disebut Contrology atau lebih dikenal dengan nama Pilates saat ini. Sistem yang diciptakan beliau bertujuan untuk menguatkan tubuh dan membentuk postur yang benar. Murid generasi pertama dari senam ini adalah para penari, yang sangat membutuhkan manfaat pilates di atas, yaitu postur dan kelincahan.

Pada perkembangan selanjutnya ada 2 jenis pilates yang banyak berkembang yaitu pilates dengan bantuan alat dan pilates di atas matras. Jenis pilates pertama lebih mirip dengan latihan kekuatan (strength), sedangkan jenis kedua lebih mirip ke yoga, dalam hal gerakan. Tetapi tetap saja jenis yang kedua ini berfokus kepada perubahan fisik.

Berikut adalah infografik perbandingan kedua jenis senam ini, yang saya peroleh dari greatist.com.
Sumber: greatist.com


Yoga atau Pilates… Mana Yang Sebaiknya Saya Pilih?


Untuk memilih, tentukan dahulu apa yang anda butuhkan. Jika anda mencari senam yang murni untuk membentuk fisik dan meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh, pilates adalah pilihan yang sesuai. Tetapi bila anda mencari olahraga yang komplit tidak saja untuk fisik tetapi juga untuk mental, yoga adalah pilihan terbaik.

Singkat kata, pilates bermanfaat membentuk tubuh dan penampilan sedangkan yoga bermanfaat membentuk postur tubuh, rasa dan mental.

Tetapi bukan berarti anda harus memilih salah satu dari kedua senam ini. Anda bisa latih keduanya, dan kemudian tentukan sendiri mana yang menurut anda paling memberi manfaat bagi anda. Apakah salah satunya atau keduanya sekaligus.

8 komentar:

  1. salam kenal Gan
    klou Untuk ibu hamil itu yg baik itu ikut senam pilates apa yoha ?
    dan klo untuk baju senam bagus buat ibu hamil itu yg seperti apa ya...
    Moga suksess

    BalasHapus
  2. slam knal agan :)
    mgkin pke model baju senam sport plus ccok yah gan ?

    BalasHapus
  3. Blognya Sangat Membantu ...
    klo untukSenam yoga Ini apakah ibu hamil Boleh ikuti ?
    dan klo baju senam murah di Kalsel Apakah ada tempat yg direkomendasikan ?
    Moga Makin banyak pengnjung Blognya

    BalasHapus
  4. wah jadi lebih paham nich bedanya senam yoga dan pilates.... hmmm ngomong2 gan ada yg tau gk tempat jual baju senam body image didaerah Surabaya...??? soalnya lagi trend nich gan...:)

    BalasHapus
  5. jd gtu toch bedax??? mw nambahin jg nich mas sekedar nanya info,,,, untuk baju senam murah itu lw beli dimna ya???

    BalasHapus
  6. Thanks infonya yaa, bermanfaat banget ni,, o iya, gbrx kok g skalian di upload, biar tau grkanx kyak gmna gt,, btw da info mngenai baju senam aerobik di daerah sby g yaa?

    BalasHapus
  7. Thank kak for info, bisa sekalian berbagi tetang toko baju senam yang daerah surabaya

    BalasHapus
  8. ada juga loh manfaat yoga untuk kecantikan :)

    BalasHapus

Silakan komen mengenai artikel yang ada atau berikan ide dan pendapat anda.