Kamis, Juni 28

Teknik Pernafasan Yoga bagi Pemula : Pranayama


Sumber : normalbreathing.com

Dari kelima prinsip dasar Yoga, latihan pernafasan atau disebut juga Pranayama adalah salah satunya, yang bertujuan untuk mengajarkan cara bernafas yang benar terutama dalam melaksanakan gerakan yoga. Bernafas yang baik dan benar berarti membawa oksigen yang cukup ke otak dan aliran darah, dan pada akhirnya juga mempengaruhi energi kehidupan alias Prana. Penggabungan antara gerakan yoga (asana) dengan teknik pernafasan (pranayama) dianggap sebagai bentuk pembersihan diri baik dari sisi pikiran maupun fisik. Dengan teknik pernafasan akan membugarkan tubuh, menstabilkan emosi serta menciptakan pikiran yang jernih dan segar.


Sebelum mempelajari teknik bernafas, harus dipahami terlebih dahulu bagaimana cara bernafas yang benar serta bagaimana teknik mengendalikan diafragma. Dalam melaksanakan latihan ini agar aliran oksigen benar dan lancar, duduk bersila dan posisikan tulang belakang, leher dan kepala dalam satu garis lurus vertikal. Posisi duduk bisa Easy Pose atau Lotus Pose, atau jika anda belum terbiasa bisa juga duduk di kursi (Lihat artikel 'Pose Meditasi Yoga' untuk mengetahui rincian cara meditasi yoga dengan pose ini).
Easy Pose (Sumber : abc-of-yoga.com)

Lotus Pose (Sumber : abc-of-yoga.com)
Ada 2 teknik pernafasan yang sebaiknya dipelajari dan dikuasai, dan dianjurkan dilakukan setiap kali secara rutin sebelum melakukan gerakan yoga harian.

1. Kapalabhati (Kapala = tempurung kepala; bhati = yang membawa cahaya)

Metoda :
  • Lakukan dua kali pernafasan normal.
  • Tarik nafas, kemudian hembuskan nafas, tarik abdomen ke dalam. Ulangi sampai 20x, atur ritme dan penekanan dilakukan lebih kepada saat hembusan nafas.
  • Kemudian tarik nafas, hembuskan sepenuhnya, tarik nafas sedalam-dalamnya dan tahan nafas selama yang anda sanggup. Secara perlahan hembuskan.
Teknik ini cocok dipergunakan untuk membersihkan saluran pernafasan, seperti misalnya hidung tersumbat cairan atau dada terasa sesak. Prinsip dari teknik ini adalah membuat paru-paru seperti layaknya pompa, tekanan udara yang dihasilkan sanggup membuang sumbatan yang ada di saluran pernafasan, mulai dari paru-paru sampai ke lubang hidung.

Ada kemungkinan kepala akan terasa pusing saat melakukan teknik pernafasan cepat ini, oleh karenanya disarankan untuk menutup latihan dengan beberapa kali pernafasan lambat atau menghembuskan nafas panjang.

Kapalabhati juga sesuai dipraktekkan sebagai terapi misalnya bila kepala terasa berat, menderita sinus atau merasa kebas di sekitaran mata.

Sumber : indianetzone.com
2. Anuloma Viloma

Metoda :
  • Siapkan tangan anda dalam posisi Vishnu Mudra (lihat penjelasannya di bawah).
  • Tarik nafas melalui lubang hidung kiri, tutup sebelah kiri dengan ibu jari sampai di hitungan ke-4.
  • Tahan nafas, tutup kedua lubang hidung sampai hitungan ke-16.
  • Keluarkan nafas melalu lubang hidung sebelah kanan, tutup hidung kiri dengan jari manis dan kelingking, sampai hitungan ke-8.
  • Tarik nafas melalui hidung kanan, posisi hidung kiri tetap tertutup dengan jari manis dan kelingking, sampai hitungan ke-4.
  • Tahan nafas, tutup kedua lubang hidung sampai hitungan ke-16.
  • Keluarkan nafas melalui hidung kiri, tutup hidung kanan dengan ibu jari sampai hitungan ke-8.
Sumber : sacred-earth.typepad.com
Prinsip teknik pernafasan ini adalah bernafas dengan satu lubang hidung, tahan nafas dan hembuskan melalui lubang hidung lainnya. Lubang hidung ditutup dengan memakai teknik Vishnu Mudra pada tangan kanan. Caranya, lipat jari telunjuk dan jari tengah ke hidung. Letakkan ibu jari di sebelah kanan lubang hidung dan jari manis serta jari kelingking di sisi lubang hidung kiri.

Manfaat dari teknik pernafasan Anuloma Viloma adalah mengoptimalkan fungsi kedua sisi otak; berarti sisi kreativitas dan sisi logika menjadi seimbang. Praktisi yoga menganggap teknik ini sangat berguna untuk menenangkan pikiran dan sistem syaraf. Para yogis mengetahui sejak ribuan tahun yang lalu bahwasanya bernafas melalui hidung kiri lebih banyak dari kanan bisa menimbulkan Asma, sedangkan penyakit diabetes disebabkan lebih sering bernafas melalui lubang hidung kanan.

Ke-dua teknik di atas adalah sebagian dari sejumlah teknik pranayama. Dengan melatih teknik pernafasan yang baik dan benar, maka tidak hanya kesegaran yang diperoleh tetapi sejumlah manfaat seperti untuk media terapi misalnya, dan yang paling penting adalah keseimbangan.

7 komentar:

  1. manfaatny bgus jga tuh ??? klo mau senam yoga dmna tuh sis tmpatny ?? n klo mau bli baju senam murah dmna jg yah ??

    BalasHapus
  2. untuk bisa merasakan manfaat senam yogadiperlukan waku berapa bulan yaa?
    dimana yaa ada toko yang menjual baju senam wanita berbagai model untuk senam yoga didaerah surabaya? terimakasih :)

    BalasHapus
  3. OKe Banger Artikelnya ..
    klo untuk pemula itu sebaiknya Berapa menit untuk melakukan yoga?...
    dan untuk baju senam terbaru yg bagus untuk yoga itu seperti apa?
    Moga Makin sukses....

    BalasHapus
  4. salam kenal...
    asyik sekali artikelnya... mudah di praktekin...apalagi pake baju senam crystal baru ku... hehehe

    semangat...^-^

    BalasHapus
  5. artikelnya bermanfaat sekali.. tanya nih sis. apa alasan Gan memilih senam yoga dari senam2 lainnya?
    dan dimana yaa ada yang menjual baju senam aerobik secara khusus berdasarkan kita yang mesan?tq :)

    BalasHapus
  6. berarti untuk pasien asma tidak boleh melakukan anuloma viluma?

    BalasHapus

Silakan komen mengenai artikel yang ada atau berikan ide dan pendapat anda.